...selamat datang di dlyna.lumba ^_^...semoga tulisan saya bermanfaat untuk anda^_^...terima kasih ^_^...selamat datang di dlyna.lumba ^_^...semoga tulisan saya bermanfaat untuk anda^_^...terima kasih ^_^...

Minggu, 07 April 2013

Meditasi sebagai Salah Satu Pedoman Management Stress



BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Definisi Meditasi
Meditasi adalah suatu proses yang dilakukan secara sadar dengan cara memusatkan perhatian yang banyak menjadi satu perhatian sehingga atma atau spirit akan berfungsi dan mengambil alih fungsi mental atau pikiran atau logika dan memfungsikan tubuh semaksimal mungkin untuk melaksanakan tugasnya dalam kehidupan di dunia ini. Meditasi hampir sama dengan yoga, hanya saja cara dan sasaran yang di tuju berbeda. Meditasi adalah memusatkan pikiran pada satu objek yang di lakukan dengan kesadaran penuh, di rasakan bagaimana prose situ menyatu dan bagaimana proses itu berefek pada tubuhnya. Jika proses tersebut tidak di sadari atau di lakukan secara tidak sadar, sesuai dengan definisi di atas maka keadaan itu hanya memusatkan perhatian dan belum bisa di sebut sebagai aktivitas meditasi.
Dalam buku meditasi dikatakan bahwa meditasi adalah suatu bentuk aktifitas kesadaran mental ini melibatkan salah satu bagian dari pikiran untuk mengamati, menganalisis, dan berhadapan dengan bagian yang lain dari pikiran kita. Meditasi juga berasal dari bahasa latin meditatio, artinya hal bertafakur, hal merenung; memikirkan, mempertimbangkan; latihan, persiapan. Dalam bahasa Pali atau Sansekerta, meditasi disebut sebagai Samadhi. Kata Samadhi dinyatakan Buddha dalam khotbah pertamanya Dhammacakkapattana sutta. Kata Samadhi berasal dari kata sam-a-dha yang artinya menyatukan atau konsentrasi, yang berkaitan dengan keadaan bathin tertentu. Kata itu merupakan kata teknis yang berarti keadaan batin dan cara untuk mencapai keadaan batin tersebut.
2.2. Jenis-Jenis Meditasi
Ada beberapa jenis meditasi yang dapat digunakan, diantaranya:
1.    Meditasi pikiran kosong.
Bermeditasi dapat menciptakan semacam "kesadaran tanpa objek," sebuah pengosongan semua pikiran dari kepala Anda. Teknik-teknik untuk melakukan ini adalah duduk diam, sering kali dalam posisi "teratai penuh" atau posisi bersila dan biarkan pikiran hening dengan sendirinya. Mungkin terasa sulit, terutama karena setiap usaha tampaknya hanya membuat pikiran menjadi terlalu banyak.
2.    Meditasi berjalan.
Meditasi ini melibatkan bagian tubuh. Bisa dilakukan di luar ruangan atau hanya dengan bolak-balik mondar-mandir di kamar. Perhatikan gerakan kaki, pernapasan dan tubuh saat berjalan dan perasaan saat kaki Anda menginjak bumi. Ketika pikiran Anda berkelana, terus bawa pikiran kembali ke proses berjalan dan bernapas. Bermeditasi di luar ruangan dengan cara ini mungkin sulit karena adanya gangguan. Jika Anda melakukannya di luar, cari tempat yang tenang dengan permukaan tanah yang datar.
3.    Meditasi dengan kesadaran.
 Fokus pada apa yang terjadi di dalam dan di sekitar kita pada saat ini dan menjadi sadar akan semua pikiran dan perasaan yang mengambil energi kita dari saat ke saat. Kita dapat mulai dengan mengamati nafas dan kemudian pindahkan perhatian ke pikiran yang ada dalam benak kita, perasaan dalam tubuh bahkan suara dan pemandangan di sekitar. Kuncinya adalah untuk melihat tanpa menilai atau menganalisis.
4.    Meditasi mantra sederhana.
Banyak orang merasa lebih mudah untuk menjaga pikiran mereka dari mengembara jika mereka berkonsentrasi pada sesuatu yang spesifik. Mantra dapat membantu. Ini adalah kata atau frase yang Anda ulangi saat duduk dalam meditasi dan dipilih untuk Anda oleh guru yang berpengalaman dalam beberapa tradisi. Jika Anda melakukannya sendirian, Anda dapat menggunakan kata atau frase yang bekerja untuk Anda dan dapat memilih untuk mengulanginya dengan suara keras atau di benak Anda saat bermeditasi.
5.    Bermeditasi dengan konsep.
Beberapa praktek meditasi melibatkan kontemplasi ide atau skenario. Contohnya adalah "meditasi pada ketidakkekalan," di mana Anda berfokus pada sifat kekal dari segala sesuatu, dimulai dengan pikiran dan perasaan Anda ketika mereka datang dan pergi. Teknik ini digunakan untuk memandu Anda memahami bahwa rasionalisasi pikiran Anda mungkin tidak nyata.
6.    Gamma meditasi
Bertujuan untuk membangkitkan good spot pada otak.
7.     Medical meditasi
Bertujuan mengaktifkan alfa wave dalam otak. Medical meditasi ini dilakukan dengan cara melatih diri, melalui latihan pernapasan (breath exercise), terapi tertawa (laughter therapy), atau relaksasi.
2.3. Tujuan Meditasi
Meditasi adalah suatu proses. Ini adalah suatu proses dimana kita menjalankannya guna mencapai sebuah tujuan yang ingin dicapai, yaitu suatu tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya atau sudah dikodratkan. Tujuan paling utama meditasi adalah upaya mengenali jati diri. Dalam diri manusia dipahami sebagai bentuk jagad kecil yang merepresentasikan keadaan jagad besar yang sesunggunya. Bila seseorang sudah mengenali jati diri, diharapkan dapat memahami apa yang terjadi dalam alam semesta sehingga seseorang dapat bersikap arif dan bijaksana sehingga dapat meraih kehidupan yang lebih berkualitas.
2.4. Cara Melakukan Meditasi
Berikut adalah cara meditasi paling populer untuk menyembuhkan stress :
 1.   Meditasi pernafasan: Duduk dengan punggung lurus dalam posisi yang nyaman dan bernapas dengan nyaman melalui lubang hidung dengan mata tertutup. Anda akan merasa terlepas dari semua stres setelah sesi meditasi singkat sekitar 15-20 menit.
2. Meditasi mengingat: Tujuan dari bentuk meditasi ini adalah untuk mencapai pikiran yang harmonis dan tenang. Meditasi ini memperkuat berbagai aspek dalam pikiran manusia. Cobalah untuk bermeditasi di tempat yang tidak bising. Anda bisa mulai mencoba meditasi ini dalam interval pendek, mulai dari 10 menit sebanyak dua kali sehari. Pikiran dan tubuh terhubung dan aliran energi melalui merasuk ke tubuh Anda. Kita harus mendorong pikiran kita menuju pikiran positif dan meninggalkan semua pekerjaan penting untuk beristirahat, sementara kita bermeditasi.
3. Meditasi pencitraan: Membuat diri Anda beristirahat dari 20-30 menit per hari dan memastikan bahwa Anda dapat bersantai di periode meditasi itu. Lihat gambar yang menenangkan atau lukisan. Sesuatu yang menenangkan pikiran Anda. Pikiran dan tubuh akan melepaskan racun berbahaya membuatnya merasa santai dan bebas daristres. Anda dapat mencoba meditasi ini di mana saja.
Cara meditasi meringankan stres: Meditasi adalah suatu proses refleksi dan relaksasi. Cara ini membangun akses cepat ke bawah sadar pikiran Anda sehingga membuatnya lebih aktif. Meditasi mengurangi tekanan darah, kolesterol, kecemasan, dan lain-lain. Proses relaksasi ini juga meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan memberikan beragam manfaat untuk tingkat psikologis. Ini membantu penurunan kecemasan, perubahan suasana hati, depresi, dan iritasi sehingga membuat Anda bebas stres.
Jika Anda mampu bermeditasi 15-20 menit setiap hari, maka pikiran Anda akan merasa tenang, bebas, santai, dan tidak stres. Pagi dan sore hari adalah waktu terbaik untuk meditasi. Cobalah meditasi untuk merelaksasi tubuh dan pikiran Anda. Jangan lupa, pikiran yang tenang adalah kunci kebahagiaan hidup.
Menurut buku karangan Luh Ketut Suryani cara melakukan meditasi ada 2, yaitu :
1.      Memusatkan perhatian
·      Duduk bersila di lantai atau dimanapun yang dirasakan nyaman. Atur posisi duduk dengan punggung dalam keadaan tegak. Letakkan kedua tangan sedemikian rupa sehingga otot-otot lengan dalam keadaan relaksasi dan kedua tangan menyatu dengan tubuh. Rasakan seluruh otot-otot tubuh dalam keadaan istirahat (relaksasi)
·      Pusatkan seluruh perhatian, pikiran, perasaan, dan angan-angan pada satu titik, satu meter di lantai di depan anda dengan rileks. Bila kelopak mata telah terasa berat atau ada suatu kekuatan yang meutup mata itu atau kelopak mata telah berkedip atau serasa perih biarkan mata tertutup pelan-pelan secara otomatis. Mata jangan ditutup atas kemauan sendiri.
·      Bila kelopak mata telah tertutup, koreksi letak kepala dan punggung agar lurus, seluruh otot-otot tubuh dan sikap duduk rileks dan nyaman. Sesudah itu anda tetap dalam posisi ini, jangan bergerak lagi apapun yang terjadi. Walaupun ada perubahan atau perasaan nyeri pada tubuh, perhatian jangan beralih ke hal ini.
·      Pusatkan perhatian pada hidung rasakan mausk dan keluarnya napas lewat hidung. Mata jangan melirik ke hidung, biarkan mata dalam keadaan relaksasi, hanya rasa ditujukan pada hidung. Irama pernapasan jangan diatur biarkan napas berjalan secara alami dan biarkan napas keluar lewat hidung sampai tidak terasa jalannya pernaasan itu. Waktu merasakan pernapasan, semua perhatian dan rasa hanya pada hidung.
2.    Merasakan proses (mindfulness)
·      Apabia pernapasan sudah teratur dan pelan, maka dapat dilanjutkan pada cara kedua. Apabila dengan cara pertama pikiran terus berjalan dan sukar dipusatkan pada satu titik, maka gunakan cara kedua, yakni merasakan proses (mind-fullness).
·      Rasakan getaran atau tenaga dari luar masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan kemudian ke luar melalui kedua telapak kaki. Untuk pemula, sebaiknya rasakan getaran atau tenaga dari luar masuk ke dalam tubuh bersama masuknya napas melalui hidung dan keluar melalui kedua telapak kaki. Lakukan hal ini beberapa kali.
·      Rasakan getaran atau tenaga dari luar masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan keluar melalui kedua telapak tangan. Lakukan hal ini beberapa kali.
·      Rasakan getaran atau tenaga dari luar masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan keluar melalui ubun-ubun. Lakukan hal ini beberapa kali.
·      Rasakan getaran atau tenaga dari luar masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan keluar melalui seluruh tubuh. Lakukan hal ini beberapa kali.
·      Pusatkan perhatian pada hidung kembali. Rasakan masuk dan keluarnya napas lewat hidung. Rasakan ketenangan dan kebahagiaan dalam tubuh Anda.
·      Rasakan seluruh tubuh bertenaga seperti biasa kembali. Sadari Anda berada dalam ruangan ini. Setelah seluruh tubuh bertenaga seperti biasa dan anda menyadari berada di ruangan tertentu, buka mata pelan-pelan dan meditasi selesai. 
Cara melakukan meditasi yang lain :
Praktik meditasi adalah alami dan bukanlah praktik baru atau impor di Indonesia. Ada banyak cara untuk bermeditasi, termasuk meditasi sebagai gerakan atau tarian dan meditasi atas bunyi, musik, dan imajeri visual. Ada yang melakukannya sambil bervisualisasi, ada yang melakukannya sambil berkontemplasi ke dalam sebuah konsep (misalnya tentang cinta, kasih sayang, persahabatan, atau Tuhan), ada yang melakukannya sambil merapal mantra atau melakukan afirmasi (meneguhkan diri dengan mengucapkan kalimat-kalimat yang dapat memberikan motivasi), ada yang melakukannya sambil memandangi cahaya lilin, dan ada juga yang bermeditasi sambil mempertajam sensitivitas indra tubuh dan menghayatinya.
Untuk melakukan meditasi, Anda harus dapat menurunkan frekuensi gelombang otak terlebih dulu dengan cara relaksasi. Kenali irama gelombang yang mengalir yang sering mengacaukan peningkatan kesadaran dalam meditasi agar dapat menemukan cara yang khas untuk membuatnya menjadi selaras. Berikut ini adalah dasar-dasar medtasi :
·      Cari tempat yang tenang.
·      Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman.
·      Bagi sebagian orang duduk bersila terasa tenang. Anda boleh duduk di atas bantalan atau handuk. Anda juga bisa menggunakan kursi, tapi usahakan duduk hanya pada setengah bagian depan kursi. Ada orang-orang yang suka memakai handuk atau syal pada bahu untuk mencegah kedinginan.
·      Bahu Anda harus rileks dan tangan diletakkan di pangkuan.
·      Buka mata setengah tanpa benar-benar menatap apa pun.
·      Jangan berusaha mengubah pernapasan Anda biarkan perhatian Anda terpusat pada aliran napas. Tujuannya adalah agar kehebohan dalam pikiran Anda perlahan menghilang.
·      Lemaskan setiap otot pada tubuh Anda. Jangan tergesa-gesa, perlu waktu untuk bisa rileks sepenuhnya; lakukan sedikit demi sedikit, dimulai dengan ujung kaki dan terus ke atas sampai kepala.
·      Visualisasikan tempat yang menenangkan bagi Anda. Bisa berupa tempat yang nyata atau khayalan.
2.5. Manfaat Meditasi
Manfaat meditasi yang kita lakukan bisa secara langsung maupun tidak langsung kita rasakan secara fisik. Salah satu manfaat tersebut adalah kesembuhan yang kita peroleh, jika kita menderita sakit tertentu. Dari sudut pandang fisiologis, meditasi adalah anti-stres yang paling baik. Saat anda mengalami stres, denyut jantung dan tekanan darah meningkat, pernapasan menjadi cepat dan pendek, dan kelenjar adrenalain memompa hormon-hormon stres.
Selama anda melakukan meditasi, detak jantung melambat, tekanan darah menjadi normal, pernapasan menjadi tenang, dan tingkat hormon stres menurun. Selama meditasi, lama-kelamaan Anda bisa mendengarkan denyutan jantung, bahkan lebih lanjut lagi Anda dapat mengkoordinasikan irama denyut jantung dengan irama keluar masuknya napas. Di masa lalu testimoni mengenai manfaat meditasi datang hanya dari orang-orang yang mempraktikkan meditasi.
Saat ini ilmu pengetahuan menunjukkan manfaat meditasi secara objektif. Riset atas para pendeta oleh Universitas Wisconsin menunjukkan bahwa praktik meditasi melatih otak untuk menghasilkan lebih banyak gelombang Gamma, yang dihasilkan saat orang merasa bahagia. Dari penelitian terungkap bahwa meditasi dan cara relaksasi lainnya bermanfaat untuk mengatasi gangguan fungsi ginjal dengan meningkatkan produksi melatonin dan serotonin serta menurunkan hormon streskortisol.
Dr. Herbert Benson, seorang ahli jantung dari Universitas Harvard, adalah orang pertama yang dengan penuh keyakinan menggabungkan manfaat meditasi dengan pengobatan gaya barat. Secara ilmiah, ia menjelaskan manfaat-manfaat dari meditasi yang telah dipraktikkan orang selama berabad-abad. Manfaat meditasi antara lain:
·      Apabila anda secara rutin melakukan meditasi, organ-organ tubuh dan sel tubuh akan mengalami keadaan baik dan bekerja lebih teratur.
·      Mampu mengatur dan mengendalikan orang lain serta memaafkannya.
·      Mampu mengerti orang lain dan memaafkannya.
·      Selalu bertekun dalam hidup yang baik, sebagai pembawa berkat bagi sesama.
·      Mampu menerima suka dan duka, kesulitan, dan kebaikan hidup dengan baik.
Tidak terlalu lama yang lalu ketika meditasi adalah dianggap sebagai zaman baru hal dan tidak bisa menawarkan manfaat apapun. Ilmu pengetahuan telah membukti mereka salah sebagai dokter sekarang lebih dari sebelumnya melihat relevansi antara tubuh dan pikiran. Majalah besar dan belajar laporan medis telah memuji kebaikan meditasi dan relaksasi.
Meditasi berharga dalam obat pencegahan. Kami dapat, melalui meditasi untuk menurunkan tekanan darah, yang dapat menyebabkan stroke, kita dapat bersantai lebih baik sehingga kami mengurangi tingkat stres kita dan kita tidur lebih baik yang member kita lebih banyak energi dan lebih mampu menghadapi kecil iritasi pada hari ke hari. Kita semua perlu memperhatikan kesehatan kita sebelum itu akan keluar dari tangan. Meditasi membantu kita menjadi lebih sadar tubuh kita, bagaimana ia beroperasi dan ketika ada sesuatu yang salah.
Shapiro (2006), terdapat tiga hal yang sangat berperan bagaimana meditasi dapat berperan dalam mengatasi gejala fisik dan psikis antara lain:
a.    Intention, yaitu berkaitan dengan pentingnya penetapan tujuan melakukan meditasi. Menurut Kabat Zin (dalam Shapiro, 2006) suatu penentuan intention menjadikan sesuatu mungkin untuk dicapai tujuan akan mengingatkan seseorang akan maksudnya dalam melakukan meditasi. Dalam penelitian Shapiro hasil yang dicapai seseorang dalam melakukan meditasi berhubungan dengan tujuannya melakukan meditasi. Jika seseorang mempunyai tujuan untuk mampu mengelola dirinya maka dia akan mampu mengelola dirinya.
b.    Attention, yaitu yang berkaitan pengamatan terhadap peristiwa kekinian, pengalaman internal dan eksternal, dalam wilayah psikologi hal tersebut menjadi hal penting proses penyembuhan.

BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Meditasi adalah suatu proses yang dilakukan secara sadar dengan cara memusatkan perhatian yang banyak menjadi satu perhatian yang melibatkan salah satu bagian dari pikiran untuk mengamati, menganalisis, dan berhadapan dengan bagian yang lain dari pikiran kita. Meditasi bertujuan untuk mengenali jati diri dan bermanfaat dalam kesehatan, psikis.
3.2. Saran
Semoga dengan dilakukannya meditasi pembaca dapat memfungsikan dan mengambil alih fungsi mental pikiran, atau logika dan memfungsilkan tubuh untuk melaksanakan tugasnya serta menemukan jati diri.


DAFTAR PUSTAKA
Suryani, Luh Ketut. Menemukan Jadi Diri dengan Meditasi. 2002. PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia: Jakarta
http://id.wikipedia.org/wiki/berkas:pagan_meditation.html.  Diakses tanggal 16 Oktober 2012
Sayadaw U Silananda. Satu-Satunya Jalan Empat Landasan Perhatian Murni.     2005. Yayasan Penerbit Karaniya
McDonald, Katbleen. Meditasi Sebuah Petunjuk Praktis. 2008. Karniya. Jakarta
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar