...selamat datang di dlyna.lumba ^_^...semoga tulisan saya bermanfaat untuk anda^_^...terima kasih ^_^...selamat datang di dlyna.lumba ^_^...semoga tulisan saya bermanfaat untuk anda^_^...terima kasih ^_^...

Minggu, 07 April 2013

REAKSI SEL TERHADAP JEJAS


Bentuk reaksi sel jaringan organ atau sistem tubuh terhadap jejas, bergantung pada banyak faktor. Dari aspek perubahan fungsi dan atau struktur sel, sbb:
1. Retrogresif, bila terjadi proses kemunduran (degenerasi/kembali ke arah yang kurang kompleks).
2. Progresif, berkelanjutan berjalan terus menuju keadaan lebih buruk untuk penyakit.
3.    Adaptasi, penyesuaian (atrofi, hipertropi, metaplasi)

Antrofi: pengecilan ukuran sel bagian tubuh yang pernah berkembang sempurna dengan ukuran normal, dapat bersifat baik fisiologik maupun patoologik, umum atau lokal. 
Contoh : pada proses menjadi tua (aging). 
Hipertropi : ukuran sel jaringan atau organ yang menjadi lebih besar daripada ukuran normalnya. 
Hiperplasia : disebabkan oleh adanya stimulus atau keadaan kekurangan sekret atau produksi sel terkait. Proses hiperplasi yang tidak terkontrol dapat mengalami transformasi kearah pertumbuhan terus-menerus, tidak terkoordinir, tidak berguna, bersifat parasitik atau jaringan/organ baik setempat maupun secara metabolik sistemik, disebut neoplasma. Metaplasi adalah bentuk adaptasi terjadinya perubahan sel matur jenis tertentu menjadi sel matur jenis lain. 
Degenerasi adalah keadaan terjadinya perubahan biokimia intraseluler yang disertai perubahn morfologik, akibat jejas nonfatal pada sel.
Infiltrasi : bentuk retrogresi dengan penimbunan metabolit sistemik pada sel normal (tidak mengalami jejas langsung seperti degenerasi)
Nekrosis: kematian sel jaringan akibat jejas saat individu masih hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar