...selamat datang di dlyna.lumba ^_^...semoga tulisan saya bermanfaat untuk anda^_^...terima kasih ^_^...selamat datang di dlyna.lumba ^_^...semoga tulisan saya bermanfaat untuk anda^_^...terima kasih ^_^...

Minggu, 07 April 2013

ENZIM-KOENZIM DAN RANTAI PERNAPASAN



Enzim merupakan suatu biokatalis, artinya suatu katalisator yang disintesis oleh organism hidup. Enzim aktif bukan semata-mata di dalam organism hidup, tetapi juga di dalam tabung reaksi, asalkan kondisinya disesuaikan dengan kondisi dari mana enzim tersebut diisolasokan. Struktural, semua enzim yang telah diketahui tidak ada kecuali, berupa protein, sehingga sifat-sifat protein dimiliki enzim misalnya sifat termolabil, dirusak oleh logam berat.
Aktivitas enzim umumnya bersifat spesifik. Misalnya: proteinase, yaitu enzim yang bekerja pada protein, karbohidrase yang bekerja pada karbohidrat, lipase bekerja pada lipid. Adapun pada jenis reaksinya missal : oksidase berekasi secara oksidasi, reduktase bekerja secara reduksi.
Terdapat 6 kelas enzim, sebagai berikut :  
  • Oksidoreduktase
Adalah enzim-enzim yang mengkatalisis reaksi oksidasi-reduksi di antara dua substrat S dan S’
Reaksi:
S tereduksi + S’teroksidasi = Steroksidasi + S’tereduksi
Misal :
Alkohol: NAD oksidoreduktase (alkohol dehidrogenase)
Reaksi :
Alkohol + NAD+ = aldehid/keton + NADH + H+ 
  • Transferase
Adalah enzim yang mrngkatalisis pemindahan suatu gugus, G (lain dari hidrogen), diantara sepasang substrat S dan S’.
Reaksi :
S-G + S’ = S + S’-G
Termasuk kelas ini adalh enzim-enzim yang mengkatalisis pemindahan gugus satu karbon; residu aldehida;residu keton; dan gugus yang mengandung asil, alkil, glikosil, fosfor, dan sulfur.
  • Hidrolase
Adalah enzim-enzim yangmengkatalisis hidrolisis ikatan-ikatan ester, eter, peptida, glikosil, anhidrida asam, C-C, C-halida, atau P-N.
  • Liase
Adalah enzim yang mengkatalisis pembuangan gugus dari substrat dengan mekanisme yang lain dari hidrolisis, dan meninggalkan ikatan rangkap.
  • Isomerase
Adalah enzim yang mengkatalisis interkonversi isomer-isomer optik, geometrik, atau posisi.
  • Ligase
Adalah enzim yang mengkatalisis penggabungan dua senyawa diikuti oleh pemecahan ikatan pirofosfat dari ATP atau senyawa sejenisnya. Enzim-enzim tersebut yang mengkatalisis reaksi pembentukan ikatan C-O;C-N; dan C-C.

Catatan : kelas liase dan hidrolase untuk aktivitasnya tidak memerlukan koenzim.

Sumber : Ikhtisar Biokimia Dasar A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar