...selamat datang di dlyna.lumba ^_^...semoga tulisan saya bermanfaat untuk anda^_^...terima kasih ^_^...selamat datang di dlyna.lumba ^_^...semoga tulisan saya bermanfaat untuk anda^_^...terima kasih ^_^...

Jumat, 05 April 2013

Sumber vitamin A, fungsi dan kekurangan vitamin A



Sumber vitamin A, fungsi dan kekurangan vitamin A

Vitamin A sangant penting untuk pemeliharaan sek kornea mata, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, pembentukan dan pengaturna hormone, serta melindungi tuubuh terhadap kanker. Vitamin A banyak terdapat paada sayur-sayuran (wortel, ubi, labu kuning, bayam, tomat), buah-buahan (papaya), susu, keju, , mentega, dan telur.

Jika tubuh kekurang vitamin A menyebabkan penurunan fungsi kornea hingga kebutaan, perubahan bentuk tulang, pertumbuhan terhambat, membentuk celah (kerusakan pada gigi), terhentinya pertumbuhan sel-sel pembentuk gigi.

Macam sumber vitamin A :
1.       Sereal, berasal dari jagung kuning dan gandum.
2.       Umbi-umbian, umbi-umbian yang banyak mengandung vitamin A adalah ubi kuning, ubi kuning kukus, ubi jalar merah, ubi rambat merah.
3.       Biji-bijian, dari biji-bijian atau kacang-kacangan adalah kacang ercis dan kacang merah.
4.       Sayuran, sayuran yang banyak mengandung vitamin A diantaranya bakung, bayam, bayam keripik goreng, bunkil daunt alas, bayam merah, daun genjer, daun jambu, daun jambu mete, daun kacang panjang, serta daun hijau-hijauan lainnya, gandaria, kacang panjang, kangkung, kol cina, labu kuning, sawi, terong, wortel.
5.       Buah-buahan, contohnya apel, kesemek, mangga, papaya, pisang, sawo serta sukun.
6.       Hewani, berasal dari dagiing ayam, bebek, ginjal domba, hati sapi, hati ayam, sosis hatiberbagai jenis ikan, telur ikan dan telur asin.
7.       Hasil kelolaan, seperti kelapa susu, mentega, minyak ikan, minyak kelapa sawit, tepung ikan serta tepung susu.

Fungsi vitamin A bagi tubuh :
1.       Menjaga kesehatan mata. Vitamin A sangat berperan dalam pembentukkan indera penglihatan. Vitamin ini akan membantu mengubah sinyal molekul dari sinar atau cahaya yang diterima retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita.
2.       Mencegah terjadinya kanker. Vitamin A dapat membantu sel untuk bereproduksi secara normal. Jika sel-sel tersebut tidak bereproduksi secara normal, bisa berubah menjadi pra-kanker.
3.         Diperlukan untuk ibu hamil. Vitamin A sangat baik untuk ibu hamil karena dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan embrio dan janin, serta akan mempengaruhi gen untuk perkembangan organnya.
4.       Mencegah infeksi, meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin A melindungi tubuh dari infeksi organism asing seperti bakteri pathogen. Vitamin A ini akan meningkatkan aktivitas kerja dari sel darah putih dan antibody di dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih resisten terhadap senyawa toksin ataupun serangan mikroorganisme parasit.

Tanda-tanda kekurangan vitamin A :
Berat bayi lahir rendah yaitu kurang dari 2,5 kg lebih mudah terancam kekurangan vitamin A. jika tidak cepatt ditangani akan menderita rabun senja, xerosis kornea. Penyakit lainnya yaitu penyakit paru-paru autoimun dan ISPA yang diakibatkan karena kekurangan vitamin A. biasanya menyerang orang biasa yang mempunyai kebiasaan merokok, namun dapat meneyrang bayi jika kurang asupan vitamin A.

Penyakit akibat kekurangan vitamin A:
1.       Hemeralopia, yang timbul karena  menurunnya kemampuan sel basilus pada waktu senja.
2.       Bintik bitot, kerusakan pada retina.
3.       Seroftalmia, kornea mata mongering karena terganggunya kelenjar air mata.
4.       Keratomalasi, kornea mata rusak sama sekali karena berkurangnya produksi minyak meibom.
5.       Frinoderma, kulit kaki dan tangan bersisik karena pembentukan epitel kulit terganggu.
6.       Perdarahan pada selaput usus, ginnjal, dan paru-paru karena rusaknya epitel organ.
7.       Proses pertuumbuhan terhenti.

Sumber : info kesehatan  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar